belajar wiraswasta usaha kripik singkong sederhana

 Halo sobat kuliner,semakin berkembangnya jaman,maka semakin menuntut kita untuk benar-benar berfikir,bagaimana cara memulai berwiraswasta,tentunya dengan kemampuan kantong kita untuk memulai merintis suatu usaha,kita coba awali dengan usaha kecil,salah satu usaha mungkin sobat ingin memulai dan minati yaitu sebuah usaha sederhana,dan tentunya dengan modal yang sangat kecil,dan tentu dengan pemasaran yang mudah,dengan menitipkan di warung-warung terdekat,maupun di toko kelontongan di sekitar kita,seperti usaha membuat kripik singkong.

  Tentu untuk memulai usaha ini persiapan yang harus kita perhatikan adalah plastik,untuk bungkus kripik yang sudah di goreng minyak,kayu bakar,atau mungkin mengunakan elpiji,serta wajan untuk  pengorengan,dari peralatan yang sudah saya sebutkan di atas mungkin ingin menambahkan dengan yang lainya silahkan saja,tentu untuk hasil yang lebih maksimal,untuk menarik pembeli atau konsumen.langsung saja mungkin sobat sedang mencari artikel usaha membuat kripik sederhana,untuk bahan dan proses pengolahan kripik singkong simak dan praktekan resep di bawah


 Bahan yang harus di persiapkan
  1. 30 kilo singkong  
  2. 30 sendok makan kapur sirih,untuk merendam singkong irisan nantinya
  3. 20 liter air bersih,atau secukupnya untuk membilas singkong nantinya
Untuk persiapan bumbu halus
  1. 1 kilo garam halus
  2. 1 kilo gula putih,bisa di tambahkan jika kurang
  3. bawang putih dan bawang merah secukupnya,biasanya jika mengunakan 30 kilo mengunakan sekitar 1/2-1 kilogram
  4. minyak goreng secukupnya bisa beli 10 liter
Proses pembuatan kripik singkong
  1. kupas singkong lalu rendam dengan air bersih,usahakan sambil di gosok-gosok supaya getah tidak menempel
  2. gunakan alat pemotong untuk mengiris singkong yang telah di bersihkan,supaya ukuran tebalnya sama,jika sudah selesai kita mengiris,langkah selanjutnya
  3. cari baskom atau tempat untuk mencampur kapur sirih dengan air,setelah kapur sirih tercampur dengan air,usahakan jangan sampai air kental,tapi encer saja ya
  4. setelah itu untuk bumbu haluskan dulu,lalu masukan ke dalam rendaman singkong,untuk proses pengangkatan sekitar 2 jam,supaya bumbu merasuk,tapi sebelumdi biarkan aduk-aduk dulu bumbu sekitar 20 menit supaya merata.
  5. sekarang ke proses finishing,dengan cara angkat singkong dari rendaman,tiriskan,sampai benar-benarkering ,setelah itu jemur di bawah sinar matahari,sampai kering ,proses ini bisa sampai 4jam lebih.
  6. selanjutnya ke proses pengorengan dari kripik yang sudah kering tadi,silahkan di coba dengan mengoreng beberapa buah dulu,bisa meripik atau belum.
demikian yang bisa saya sampaikan,kurang lebihnya bisa di tambahkan di kolom komentar,selamat mencoba dan semoga berhasil,sesuai yang sobat harapkan,salam kuliner indonesia.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home
Tulis komentar dan saran di bawah